Cara Mudah Membuat Tabel di MS Word

Cara Ini efektif untuk membuat tabel berukuran kecil atau sedang dimana pada saat awal pembuatan banyaknya kolom maksimal yang dapat dibuat adalah 10 kolom dengan menggunakan paling banyak 8 buah baris. Bila merasa kekurangan atau kelebihan, setelah tabel dibuat anda dapat menambah atau mengurangi baris sesuai dengan kebutuhan anda. Untuk membuat tabel tersebut gunakan langkah-langkah berikut :


  1. Misalkan kita ingin membuat tabel di dalam dokumen, dengan ukuran yang dikehendaki adalah 4 kolom dan 7 baris, atau sering dibilang tabel 4×7.
  2. Pertama-tama pindahkan kursor teks ke lokasi tabel akan dibuat.
  3. Lalu klik ribbon Insert lalu klik tombol Table
  4. Anda akan melihat banyak kotak-kotak kecil, kotak tersebut adalah sel yang digunakan sebagai panduan untuk membuat ukuran tabel dalam banyaknya kolom ataupun baris.
  5. Gerakkan kursor mouse ke kotak-kotak kecil tersebut. Di atas kotak-kotak tersebut anda akan melihat ukuran tabel berubah-ubah sesuai dengan posisi mouse. Perhatikan pula bingkai kotak akan berubah warna menjadi orange yang menandakan ukuran tabel yang akan anda buat.
  6. Untuk membuat tabel 4 kolom dan 7 baris lakukan pilih 4 kotak dari kiri dan 7kotak dari atas lalu klik kotak tersebut.
  7. Microsoft word akan menyisipkan tabel dengan ukuran 4 kolom x 7 baris dalam dokumen anda.
  8. Selanjutnya anda tinggal mengatur lebar baris dan kolom sesuai dengan keinginan atau kebutuhan

Cara Cepat Membuat Tabel Berukuran Besar

Keterbatasan cara pertama di atas adalah pada ukuran kolom dan baris maksimum yang hanya mencapai 10 kolom dan 8 baris. Meskipun setelah tabel kita buat sebenarnya kita masih bisa menambah baris dan kolom, tetapi hal tersebut tentunya akan cukup memakan waktu terutama jika kolom dan terutama baris yang harus dibuat berukuran besar atau sangat banyak. Untuk dapat langsung mendapatkan tabel dengan ukuran baris atau kolom yang banyak kita bisa memanfaatkan dialog Insert Table seperti tutorial contoh pembuatan tabel di microsoft word berikut ini :

  1. Misalkan tabel yang akan dibuat berupa tabel dengan 12 kolom dan 34 baris.
  2. Klik pada lokasi tabel akan ditempatkan
  3. Menu yang digunakan masih berhubungan dengan cara membuat tabel sebelumnya. Lakukan terlebih dahulu klik pada tab ribbon Insert
  4. Lalu klik tombol Table
  5. Kemudian pada menu yang muncul lihat pada bagian bawah, pilih Insert table
  6. Selanjutnya akan muncul dialog Insert table, isi kotak Number of Columnsdengan 12 atau sesuai jumlah kolom, serta isikan pula kotak Number of Rowsdengan nilai 34 atau sesuai
  7. dengan jumlah baris.Klik tombol O
  8. Microsoft Word akan menambahkan sebuah tabel dengan ukuran jumlah kolom sebanyak 12 dan baris sebanyak 34.
  9. Seperti pembuatan dengan cara pertama, setelah tabel disisipkan anda juga tinggal mengatur lebar kolom dan tinggi baris tabel.

Comments

Popular Posts